Explore Kampung Naringgul – Negri Seribu Curug

Explore Kampung Naringgul – Negri Seribu Curug – Hei waterfall hunter! Pasti anda sering hunting air terjun ya? Jika iya, apa anda tahu mengenai Kampung Naringgul? Sudah pernah berkunjung atau hunting curug/air terjun di kawasan Kampung Naringgul?

Jika sudah selamat, berarti ada traveler dan waterfall hunter sejati! Karena Kampung Naringgul memiliki banyak sekali air terjun yang bisa anda kunjungi. Mulai dari yang medannya ringan, hingga medan berat. Ada yang sudah dikelola, ada juga yang masih alami dan jarang terjamah manusia. Dan yang lebih ekstream, banyak sekali air terjun atau curug yang berada di dalam hutan belantara yang sangat wajib dikunjungi bila anda seorang waterfall hunter.

Penasaran? Yuk simak selengkapnya disini!

Explore Kampung Naringgul – Negri Seribu Curug

Kampung Naringgul berada di kawasan Cianjur Selatan dan memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Keindahan alamnya membuat mata dan pikiran anda terasa lebih segar dan pastinya anda betah berlama-lama disini.

Mengenai curug atau air terjun yang berada di kawasan Naringgul, tidak akan ada habisnya bila dibahas satu persatu. Tapi kalau tidak dibahas, ya tidak akan ada yang tahu. Betul atau tidak? hehehe

1. Curug Cisabuk

Explore Kampung Naringgul - Negri Seribu Curug
Explore Kampung Naringgul – Negri Seribu Curug

Curug yang satu ini terlihat jelas dari pinggir jalan, namun terlihat kecil karena lokasinya sulit dijangkau. Untuk anda yang ingin merasakan kesegaran yang haqiqi dari Curug Cisabuk, pertama-tama anda bisa memarkirkan kendaraan di warung yang berada di pinggir jalan. Titipkan saja ke Si Abah dan bilang mau ke Curug Cisabuk. Penjaga warung kerap dipanggil si Abah karena dia sendiri yang pertama kali memperkenalkan diri kepada pengunjung dengan julukan itu.

Kemudian anda bisa masuk ke pesawahan yang sangat sejuk. Eits jangan senang dulu, karena dari sawah-sawah itu, masih harus menempuh medan terjal, menyeberang sungai dengan cara kondisi setengah badan masuk ke sungai. Otomatis basah kan? Tapi jika aliran sungai sedang tinggi sebaiknya jangan memaksakan diri karena bisa jadi anda terseret karena biasanya arus sungai sangat kencang.

Setelah itu, anda berpetualang melewati lembah dan hutan belantara. Uniknya jika biasanya anda mengunjungi air terjun lokasinya ada di bawah gunung, atau kaki gunung. Air terjun yang satu ini malah berada di atas gunung loh. Ada dua tingkatan air terjun di Curug Citambur, yang pertama berada di paling atas, dan dibawahnya ada genangan air yang cukup luas, lalu mengalir ke aliran air terjun bawahnya. Jadi diharapkan anda berhati-hati disini karena kawasan ini belum sama sekali dikelola dan bahaya mengancam anda dimana-mana jika anda lengah. Waspadalah!

2. Curug Ceret

Explore Kampung Naringgul - Negri Seribu Curug
Explore Kampung Naringgul – Negri Seribu Curug

Penamaan yang kental dengan bahasa Sunda ini berarti ceret atau alirannya menyembur keluar. Yup! Karena lokasinya berada persis di pinggir jalan. Curug yang berada di Kampung Naringgul ini sering kali dijadikan tempat beristirahat para waterfall hunter sambil berfoto-foto. Siap-siap basah ya karena semburan airnya cukup deras meskipun berada di pinggir jalan.

3. Curug Cipendok

Explore Kampung Naringgul - Negri Seribu Curug
Explore Kampung Naringgul – Negri Seribu Curug

Curug yang satu ini masih berada di Kampung Naringgul, tepatnya berada sebelum perbatasan ke wilayah Gardu, Cidaun. Penamaan ini diberikan oleh warga sekitar karena kubangan airnya menyerupai Cincin. Pendok dalam bahasa Sunda bisa diartikan Cincin. Curug ini berada di Desa Karangtengah, Naringgul, Cianjur Selatan. Jadi bila anda ingin hunting curug atau ingin ke pantai daerah Cianjur Selatan, ada baiknya berkunjung kesini terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke jalur pantai selatan.

4. Curug Tanpa Nama

Explore Kampung Naringgul - Negri Seribu Curug
Explore Kampung Naringgul – Negri Seribu Curug

Banyak sekali curug atau air terjun yang belum dinamai oleh warga sekitar, dan sudah dipastikan curug atau air terjun tersebut masih alami dan jarang sekali terjamah tangan usil manusia. Selain wilayahnya yang pasti berada di pedalaman hutan, curug ini juga belum ada yang mengelola sehingga keindahannya terjaga oleh alam sekitar.

Ada yang tahu lagi mengenai Curug atau Air Terjun yang berada di kawasan Naringgul, Cianjur Selatan? Jika ada, yuk sharing melalui komen dibawah!

Dikarenakan wilayah Naringgul masih alami, mohon untuk tidak mencemarkan sampah dan lingkungannya. Jaga semua yang ada disana, bila tidak bisa membatu untuk melestarikan, jangan tambahkan dengan sampah yang anda bawa. Jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak, dan jangan juga anda mengambil sesuatu kecuali foto.

Hal yang paling penting perlu anda ingat. Nyawa anda lebih berharga daripada sebuah foto. Jangan korbankan nyawa anda hanya demi foto yang indah dan instagramable. Perhatikan lingkungan dan adat sekitar, jaga sopan santun selama anda berada disana.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya…

Baca Juga :

Ini Yang Anda Cari :

curug | air terjun | curug di cianjur selatan | explore cianjur selatan | eksplore cianjur selatan

Leave a Reply

Close Menu